Syarat Yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Melakukan Pendirian PT Bandung

Beberapa tahun yang lalu, Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan baru terkait ekonomi Indonesia yang akan mempermuda pelaku usaha dalam mengurus izin usaha, salah satunya adalah dalam pendirian PT Bandung. Dengan adanya kebijakan baru ini, jikan ingin mengembangkan usahanya dengan membuat PT akan dipermudah. Jadi anda sebagai pelaku usaha tidak perlu lagi khawatir jika ingin memperbesar usaha anda. Nama kebijakan yang baru ini adalah kebijakan deregulasi, dengan kebijakan ini maka pendirian PT akan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Selain itu pada kebijakan ini, virtual office diperbolehkan. Dengan kebijakan baru ini diharapkan mampu mendorong anak muda untuk mendirikan usaha sehingga mampu membantu perekonomian Indonesia.

Apabila anda tertarik untuk mendirikan sebuah PT, berikut adalah syarat-syarat yang harus disiapkan.

1.    Menyiapkan data-data

a.    Nama perusahaan

Minimal terdiri dari 3 suku kata dan tidak menggunakan nama dari PT yang sudah ada. Anda bisa melihat peraturan lengkapnya di PP 43 tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan Dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

b.    Tempat dan juga kedudukan perusahaan

Alamat yang dicantumkan harus sesuai dengan lokasi PT berada. Apabila tempatnya berbeda maka berdasarkan prakteknya akan disebut sebagai cabang dan harus membuat akta cabang dan mengurus segala perizinannya.

c.    Tujuan perusahaan

Menjelaskan PT yang dibuat untuk melakukan usaha apa. Bidang apa yang dikerjakan oleh PT tersebut.

d.    Struktur permodalan

Minimal modal dasar yang harus dimiliki adalah Rp 50.000.000 dan dari modal dasar tersebut 25% nya harus disetor dan ditempatkan.

e.    Pengurus

Pengurus perusahaan setidaknya terdiri dari 2 orang sebagai direktur dan komisaris.

2.    Membuat akta pendirian perusahaan

3.    Mengesahkan Surat Keterangan Menteri

4.    Mengurus surat domisili perusahaan

5.    Mengurus NPWP perusahaan

6.    Mengurus izin untuk usaha

7.    Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)


Untuk melengkapi syarat-syarat tersebut anda bisa menggunakan pihak ketiga atau penyedia jasa pendirian PT jika tidak ingin repot mengurusnya. Namun apabila anda ingin mengurusnya sendiri juga tidak masalah. Karena apapun yang anda pilih tergantung dari kebutuhan masing-masing.