Resep Masakan Tradisional Melayu Bersantan

Resep masakan tradisional Melayu memang cenderung bersantan. Semakin ke barat daerah Indonesia memang semakin bersantan menu makanannya. Seperti menu makanan tradisional melayu yang terbiasa menggunakan santan. Sebagian besar wilayah di Riau dan sekitarnya pasti sama, banyak menggunakan santan. Hal ini jelas berbeda dengan wilayah Indonesia timur yang lebih mengedepankan bumbu sehingga cita rasa masakannya gurih dan asin. Sedangkan untuk Indonesia bagian tengah, masakan tradisionalnya cenderung manis seperti misalnya Gudeg dari Yogyakarta. Beragamnya masakan tradisional di Indonesia ini tentu sesuai dengan selera masyarakat masing-masing daerah. Oleh karena Indonesia luas maka seleranya juga banyak yang berbeda.


Berikut ini adalah resep maskan tradisional khas Melayu.


1.     Sate Ikan Senapelan

Resep masakan ini adalah salah satu dari Riau yang mana menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Cara memasaknya cukup mudah dengan bumbu dapur biasanya hanya saja ditambahkan gula merah, santan, daun jeruk, dan serai. Meskipun sate, makanan khas Melayu ini tetap menggunakan santan.

2.     Soto Pekanbaru

Jika biasanya masyaakat Indonesia Timur menemukan soto rasanya gurih maka di Melayu soto juga harus bersantan. Selain itu juga pelengkapnya lebih beragam seperti perkedel ikan patin, kerupuk amplang, yang mana berbeda dengan soto biasanya. Tentu rasanya akan berbeda dengan soto yang ada di Jakarta yang gurih atau Jawa Tengah yang cenderung ada rasa manis.

3.     Nasi Lemak

Di Pekanbaru juga ada namanya Nasi Lemak yang mana juga terkenal di Malaysia sebagai menu makanan pokok. Nasi lemak ini berisikan beras yang diberi santan. Cukup mirip dengan membuat nasi kuning cara membuatnya hanya saja bahan campurannya berbeda. Dalam nasi lemak menggunakan bawang merah, bawang putih, kapulaga, cengkeh, dsb.

4.     Bacah Daging

Menu Bacah Daging ini juga tak lepas dengan santan. Bahan baku utamanya yakni daging dalam. Membuatnya dicampur dengan santan, air asam jawa, daun jeruk, lalu bahan halus.

Itulah beberapa menu masakan khas Melayu yang hampir keseluruhannya bersantan. Tentunya kecuali makanan ringan dan minumannya yang banyak ditemui tidak bersantan.