Melihat Prospek Kerja Psikologi Murni Di Bidang Pendidikan

Melihat prospek kerja psikologi murni di bidang pendidikan. Psikologi menjadi salah satu kajian ilmu sosial yang istimewa, kajian ilmu lain hanya mempelajari sesuatu yang sudah pasti dan terbukti hasilnya seperti matematika, ipa, teknik dan sejenisnya. Psikologi mempelajari sesuatu yang tidak nampak, hanya bisa dirasakan. Tidak sembarang orang bisa membaca alur pikiran orang lain, psikologi bisa melakukannya. Dalam ilmu psikologi, anda akan diajarkan cara membaca tingkah laku orang ataupun hal yang sudah terjadi dari mimik wajah, gerak tubuh, gaya bicara dan beberapa hal lain yang tentu saja bisa dilogikakan. Ilmu psikologi bukan mengajarkan cara meramal, ilmu psikologi menggunakan kajian teori-teori psikologi sebagai alat analisis sehingga psikolog bisa memcahkan permasalahan pasiennya dengan mudah. Tidak banyak orang yang tertarik untuk mempelajari psikologi, salah satu alasan yang membuat orang tidak tertarik dengan bidang keilmuan ini adalah ketidakjelasan pekerjaan.

Pandangan semacam itu harus dirubah karena saat ini semua bidang pekerjaan membutuhkan lulusan psikologi. Perkantoran, perusahaan, sekolah, universitas, rumah sakit, rumah sakit jiwa, kepolisian dan beberapa tempat lain masih membutuhkan tenaga psikolog. Pandangan dan pendapat orang yang keliru mengenai ilmu psikologi memang perlu diluruskan. Lulusan psikologi tidak harus menjadi psikolog atau psikiater. Psikologi memiliki banyak cabang, di setiap cabangnya selalu dibutuhkan pada bidang pekerjaan yang berbeda. Ada psikologi khusus anak, psikologi kriminal, psikologi forensik, psikiater dan lain sebagainya. Ada juga cabang psikologi murni, prospek kerja psikologi murni tidak kalah dengan psikologi jenis lainnya.


Bagi anda yang mengambil bidang minat atau jurusan psikologi murni, jangan khawatir mengenai pekerjaan apa yang bisa anda dapatkan di masa depan. Psikologi murni notabene tidak memiliki pemfokusan ke bidang-bidang pekerjaan tertentu namun anda bisa mendapatkan lowongan kerja sebagai dosen, strata minimal dosen adalah strata 2 atau setingkat magister. Apabila anda ingin menjadi dosen, anda harus mengejar strata 2 dalam bidang yang sama bagi jalur beasiswa (linear) atau cabang psikologi lainnya sesuai minat.