Bagaimana Cara Memperbanyak ASI di Masa Menyusui?

Solusi permasalahan ASI yang kering maupun terlalu sedikit, yakni dengan melakukan cara memperbanyak ASI yang tepat. Kondisi penyebab produksi ASI yang sedikit pada tiap ibu menyusui bisa berbeda. Itu sebabnya dibutuhkan penanganan yang berbeda dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan sang ibu. Produksi ASI yang sedikit, bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi, terlalu sering memompa ASI, stres atau produksi ASI pada kelenjar payudara yang terhambat. Apabila ibu mengalami hal ini, sebaiknya segera ditengarai agar kondisi ini tidak mempengaruhi perkembangan buah hati. Menurut situs umihilma.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui untuk memperbanyak produksi ASI, diantaranya sebagai berikut.

·      Memompa ASI

Salah satu cara memperbanyak ASI yang paling cepat yakni dengan melakukan pemompaan ASI. Cara ini memang dianggap paling mudah dan ampuh untuk meningkatkan produksi ASI pada kelenjar payudara. Melakukan pemompaan dalam interval waktu tertentu dipercaya mampu merangsang kelenjar payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak. Lakukan pemompaan ASI dalam interval waktu 45 menit sekali dan beri jeda waktu untuk beristirahat. Imbangi aktivitas pemompaan ASI dengan beristirahat atau tidur setidaknya 4 hingga 6 jam sehari.Yang perlu Anda perhatikan adalah selalu gunakan alat pompa ASI yang steril dan aman. Hal ini bertujuan agar ASI yang dihasilkan juga steril dan aman bagi bayi.

·       Menerapkan pola hidup sehat

Di samping melakukan pemompaan ASI, cara memperbanyak ASI yang cukup ampuh lainnya adalah dengan mengkonsumsi makan sehat yang mengandung protein tinggi. Ibu bisa memasukkan buah pepaya, buah labu, daun katuk, bayam dan kacang-kacangan ke dalam menu harian demi meningkatkan produktivitas ASI. Bila perlu tambahkan suplemen atau susu untuk ibu menyusui demi melengkapi nutrisi dan gizi ibu. Ibu menyusui juga perlu mengelola stres dengan baik serta menghindari aktivitas-aktivitas ekstrem agar tidak kelelahan. Stres maupun kondisi badan yang terlalu lelah ditengarai menjadi salah satu pemicu produksi ASI yang menurun. Apabila ibu merasa kerepotan atau tidak sanggup mengurus bayi sendiri, tak ada salahnya meminta bantuan suami atau anggotakeluarga yang lain untuk membantu merawat si kecil.